Senin, 15 Juli 2013

belajar dari : GAME MARIO BROS

hhaaaii all..(hayah kayak byk org aja)

hmm,,mlm ini kyk biasanya, jam segini bloom "kelet" matanya. Dan, akhrinya kuputuskan utk menulis lagi. Catatanku kali ini terinspirasi dari status fb seorang teman. Dalam statusnya intinya berkata bahwa hidup itu seperti sebuah game. Super sekali analoginya. Gak tau kenapa ngena bgt di aku.

oke, bicara masalah game, aku jadi inget salah satu game fav ku dari jaman baholak. Yippi, itu dia game mario bros. haaaaa, love it much. BIsa gak tidur aku kalau udah pegang tuh game. Tapi, sekarang bukan mau membahas si mario itu secara leterlek, tapi mau mengambil pelajaranya. CIeeeeeh ternyata dari game pun kita bisa belajaaar. Homescuuuuliiing...haaaaa

yuuups, jika temenku bilang hidup itu seperti sebuah game. Aku mau buat yg lebih spesifik lagi, biar lebih enak dianalogikan. Maklum, otak saya ra da lemoot, biasa gol darah B (haaaa, so whaaat?).

Hmm, sebelumnya dibahas dlu deh tentang game mario ini. Tujuan dari game ini adalah tentu saja untuk menang hahaaa. Nah, untuk menang kita harus melewati beberapa fase. Adapun gerakan2 yang bisa kita lakukan terhadap karakter mario adalah diam (ya iyalah), berjalan, berlari,jongkok,  melompat, melompat jauh, dan mengeluarkan senjata khusus (di dapat jika kita berhasil memakan jamur2 tertentu yg tersembunyi di balok2). Dan tentu saja  kita dibatasi waktu tertentu untuk menyelesaikan setiap fase. Naah, itu yang sering membuat aku terburu2, selain takut mati kehabisan waktu. Score kita juga bisa naik jika waktu tempuh kita lebih cepat. Daan, score kita yang tinggi ini yang mampu menambah jumlah nyawa si mario (horeeee). Tapi, saya sering juga melakukan kesalahan gara2 buru2 tadi menjadikan kita kurang hati2 dalam melihat kondisi2, misalnya ada lubang, ada kura2, ada tumbuhan pemangsa, dan hal2 lain yang dapat membuat kita mati. Daaan, apa yang terjadi jika kita sudah mati sebanyak 4 kali? GAME OVER!!!!

Naah, itu tadi sejarah singkat pengalaman saya dalam memainkan game mario. Sekarang waktunya kita kupas nilai lain yang terkandung dalam sebuah game mario tersebut.Naah, bicara masalah hidup bisa dianalogikan hampir sama dengan perjalaan si mario tersebut. Dan tentu kita sebagai manusia harus punya tujuan hidup. Karena dengan mengetahui tujuan itu, langkah kita menjadi lebih pasti. Sama seperti pada game mario, kita sebagai pelaku dalam kehidupan kita pun mempunyai cara-cara beraktivitas seperti kita istirahat, berlari, bersemangat, males, rajin, dan pastinya lebih banyak dari pada karakter pada game mario tersebut. Dan sama seperti memainkan game mario, kita sering terburu2, kita penginya apa2 cepet, dan tanpa kita sadari di depan kita ada lubang, dimana jika kita terus berlari maka akan terjatuh ke lubang tersebut. Masih sama seperti game mario, kondisi kehidupan kita selalu berubah2, kadang ada masalah ini dan itu, kadang kita di bawah dan di atas, dan masih banyak kondisi kehidupan lainnya. Jadi, bukan masalah kamu sedang berlari, berjalan, diam atau melompat, tetapi sedang dalam kondisi apa kita sekarang. Sama seperti pada game mario, saat ada lubang jangan terus berlari tapi melompatlah, saat ada musuh jangan berlari tetapi berhenti sebentar dan injak musuh kita, saat ada tanjakan maka kita harus melompat, saat tanjakan lebih tinggi maka melompatlah lebih tinggi, saat ada kesempatan maka ambillah, saat lubang begitu lebaar maka mundurlah sebentar lalu berlarilah dan melompat. INtinya adalah pada sedang di mana kondisi kita saat ini, maka lakukan lah sesuai kondisi kita. Sama seperti ilmu evolusi, bahwa hanya makhluk hidup yang mampu menyesuiakn diri dengan kondisilah yang akan bertahan. Maka, janganlah berlari jika bukan saatnya lagi untuk berlari. Tetapi jangan hanya diam saat waktunya berlari. Dan tetap waspada dengan kondisi2 yang kadang mengagetkan kita atau di luar pikiran kita sebelumnya. Karena itu lah tandanya level kita sedang meningkat. Yuups, selalu eling dan waspodo kalog orang Nusantara bilangnya. Dan nanti lah tiba saatnya kemenangan itu tiba, kita menjadi bagian di dalamnya dan bukan GAME OVER!!

Dan semoga kita semua mampu menjadi pemenang dalam perjalanan hidup kita ^^

with love,
WH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar